Bahaya Riba
Bahaya Riba

 

 

Pengertian Riba Dalam Islam Beserta Jenis-Jenisnya

Masih banyak orang yang masih awam dan belum paham mengenai riba. Memang memahami riba ini begitu penting. Karena seperti kita ketahui bersama, bahwa dosa riba teramat berat. Bahkan termasuk dalam salah satu dosa besar. Dan dosa riba itu sendiri bukan hanya meliputi pemberi dan penerima riba saja. Melainkan juga saksi dan pencatatnya. Naudzubillah.

Pengertian Riba Dalam Islam

Riba menurut bahasa berarti tambahan. Sedangkan menurut syara’, riba merupakan tambahan yang diperoleh dari seseorang yang meminjam (barang atau uang) dengan tempo atau batas waktu.

Menurut Ali bini Muhammad al Juijani, riba adalah tambahan yang tidak menjadi imbalan bagi sesuatu yang disyaratkan bagi salah seorang yang meminjam dan yang memberi pinjaman. Riba menurut istilah tadi barangkali terlalu sempit.

Istilah yang lebih baik dikemukakan oleh Syaikh ‘Abdurrahman Taj, yaitu setiap tambahan pada salah satu pihak (dalam) akad mu’awwadlah tanpa mendapat imbalan, atau tambahan itu diperoleh karena penangguhan.

Jenis-jenis Riba

Pada dasarnya jenis-jenis terbagi dalam dua kategori. Yaitu riba dalam akad jual-beli dan riba dalam akad hutang piutang.

  1. Riba dalam akad hutang piutang
  • Riba Nasi’ah yaitu memberi hutang kepada orang lain dengan tempo atau batas waktu, yang jika terlambat mengembalikan akan dinaikkan jumlah/nilainya, sebagai tambahan atau sanksi.

Contoh : Pinjam uang 10 juta dalam 1 tahun. Saat jatuh tempo peminjam tidak mampu untuk melunasi hutangnya tepat waktu. Lalu atas keterlambatan tersebut dikenakan sanksi tambahan sebesar 10% dari nilai pinjaman.

  • Riba Qardh yaitu meminjam uang kepada seseorang dengan syarat ada kelebihan/keuntungan bagi pihak pemberi pinjaman.

Contoh : Pinjam uang 10 juta dalam waktu 1 tahun harus dikembalikan sebesar 11 juta.

  1. Riba dalam akad jual beli
  • Riba Fadl yaitu menukarkan barang yang sejenis tetapi tidak sama keadaannya, atau menukar barang sejenis tetapi berbeda nilainya.

Contoh : Menukar emas 10 gram dengan emas 12 gram.

==========

Itulah pengertian riba dalam Islam dan juga jenis-jenis riba yang dijelaskan secara sederhana. Mudah-mudahan dari penjelasan di atas Anda sudah mulai mengerti mengenai riba ini. Dan insyaAllah tidak akan terjerat dalam jeratan riba. Aamiin.

 

Sumber Referensi:

Pengertian Riba

 

One thought on “Pengertian Riba Dalam Islam Beserta Jenis-Jenisnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *